>

Sejarah SMP Negeri 2 Plupuh

Pungsari merupakan sebuah kalurahan di kecamatan Plupuh. Terletak sekitar 20 kilometer di sebelah barat dari pusat pemerintahan Kabupaten Sragen. Bagian selatan Pungsari berbatasan dengan Mojosongo dan baratnya dengan Kalijambe. Posisi cukup strategis, karena merupakan jalur singkat alternatif dari Sragen menuju Solo, serta menuju museum internasional sangiran. Dari Pungsari ke kedua tempat tersebut lebih kurang 7 km.
Infrastruktur cukup mendukung. Jalan utama sudah beraspal, sementara jalan kampong sebagian besar berupa cor/beton. Beberapa jembatan sudah representatif. Fasilitas umum untuk kesehatan memadai. Listrik menjangkau sampai daerah terdalam.
Mata pencaharian masyarakat Pungsari sebagain besar petani. Selain itu, pengusaha/perajin batik, pedagang, pegawai negeri. Khusus untuk batik, cukup mendukung ekonomi masyarakat. Masyarakat Pungsari sudah tidak asing lagi dengan kegiatan batik membatik ini. Mereka membatik sebagai usaha sendiri atau bekerja pada perusahaan batik. Tradisi batik sudah sedemikian kuat di Pungsari. Dari anak sampai dewasa sebagian besar mengenal proses membatik. Bahkan dengan membatik ini, nama Pungsari cukup dikenal di daerah lain.
Dalam bidang pendidikan, sampai dengan tahun 1995 di pungsari baru ada sekolah dasar yang jumlahnya 12. Anak-anak selepas SD bila melanjutkan ke sekolah menengah pertama, harus ke Plupuh atau Kalijambe, atau bahkan ke Solo. Walau dalam kondisi yang demikian, keinginan anak-anak Pungsari untuk melanjutkan sekolah cukup tinggi. Keadaan inilah yang melatarbelakangi pemikiran pendirian SMP Negeri 2 Plupuh.

SMPN 2 Plupuh
Pada tahun 1995, kepala desa saat itu yaitu bapak Rato, mempunyai keinginan untuk mendirikan Sekolah lanjutan tingkat pertama/SLTP di Pungsari. Keinginan tersebut dilatarbelakangi belum adanya SLTP di daerahnya. Beliau mengawali dengan membuat wacana pendirian sekolah tersebut dengan beberapa tokoh masyarakat setempat. Hal ini mendapat dukungan yang sangat baik. Langkah selanjutnya mencari informasi tentang syarat-syarat ataupun ketentuan lain pendirian SLTP.
Bapak Rato kemudian membuat surat serta proposal yang dikirim ke Propinsi. Tanggapan dari propinsi positip. Namun demikian sempat ada beberapa keberatan dari praktisi pendidikan di Plupuh dengan akan berdirinya SLTP negeri itu. Menurut mereka, bila benar-benar berdiri, akan membuat SLTP lain di Plupuh siswanya berkurang.
Melihat keadaan tersebut, Bapak Rato tidak berputus asa. Beliau kemudian membuat data kondisi pendidikan di Pungsari. Ada 12 SD/MI di pungsari dan 3 di Bukuran (kalurahan terdekat Pungsari). Jadi ada 15 SD : Pungsari 2 SD, Jembangan 2SD, Jabung 2 SD dan 1 MI, Sidokerto 1 SD dan 1 MI, Gedongan 1 SD dan 1 MI, Manyarejo 1 SD, Cangkol 3 SD, Plupuh 2 SD, Bukuran 2 SD. Data ini dikirm ke Propinsi. Akhirnya propinsi setuju pendirian SLTP Negeri dengan nama SLTP Negeri 2 Plupuh.
Adanya ijin tersebut, dilanjutkan dengan mencari lokasi. Yang dituju adalah tempat strategis yang mudah dijangkau. Lokasi sementara yang terpilih adalah desa Gedongan yang merupakan tanah kas desa. Namun melihat dana yang ada, oleh pelaksana pembangunan yaitu CV. Rudi, akhirnya membeli tempat di desa Pungsari.
Berdirinya SLTP Negeri 2 Plupuh ini tidak serta merta membuat suasana menjadi kondusif. Masih ada praktisi pendidikan SLTP lain di Plupuh yang mengungkapkan keberatan. Mereka masih melihat sebagai hal yang merugikan, karena siswa akan terserap ke SLTP Negeri 2 Plupuh. Bila tahun ajaran baru, SLTP Negeri 2 Plupuh paling tidak akan menerima minimal 120 siswa. Melihat hal yang kurang baik tersebut, melalui pendekatan serta penjelasan yang baik, bapak kades - Pak rato, mampu membuat mereka bisa mengerti.
Tahun 1995, awal berdirinya SLTP Negri 2 Plupuh. Tahun pelajaran 1995/1996 mulai menerima siswa baru yaitu 48 anak. Tempat kegiatan belajar mengajar serta urusan administrasi, sementara di SLTP Negeri 1 Plupuh. Tenaga Guru dan administrasi masih diampu dari SLTP Negeri 1 Plupuh. Kepala sekolah yang pertama Bp. Riptohadi.
Proses pembelajaran sudah berjalan, dengan tempat di SLTP Negeri 1 Plupuh. Sementara nun jauh di selatan sekitar 10 Km dari SLTP Negeri 1 Plupuh tepatnya di desa Pungsari, pembangunan gedung sekolah juga sudah mulai berjalan. Pembangunan gedung langsung diawasi oleh kades - Bapak Rato.
SLTP Negeri 2 Plupuh menempati area seluas 7.000 m2. Pembangunan pertama meliputi 9 ruang kelas, ruang guru, ruang Kepala Sekolah, ruang BP, ruang TU, kamar mandi Guru karyawan, dan kamar mandi siswa.
Tepat satu tahun pembangunan gedung sekolah selesai. Pada awal tahun ajaran 1996/1997, siswa pertama SLTP Negeri 2 Plupuh yang tempat belajarnya di SLTP Negeri 1 Plupuh, mulai pindah ke gedung sekolah sendiri. Dengan demikian SLTP Negeri 2 Plupuh secara resmi sudah menempati tempat sendiri yaitu di desa Pungsari, tepatnya di Jl. Raya Plupuh-Sangiran Km 5 Pungsari, Plupuh, Sragen.
Setelah tiga tahun pelajaran dilalui, kemudian terbit Surat Keputusan tentang pembukaan dan penegrian SLTP Negeri 2 Plupuh, yaitu Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 001a/0/1999 Tanggal 5 Januari 1999.
Dalam perjalanan sampai sekarang, SLTP Negeri 2 Plupuh sudah dipimpin oleh 6 Kepala Sekolah :
1. Ripto Suhadi, S.Pd ( 1995 – 1999 )
2. Drs. Sunarto ( 1999 – 2002 )
3. Drs. Djoko Margiantomo ( 2002 )
4. Drs. Margono ( 2002 – 2004 )
5. Drs. YB. Slamet, M.Hum ( 2004 – 2009 )
6. Drs. Tomo Bahtiar ( 2009 - sekarang )


BERITA TERKAIT :

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Antoni Sofyan S.S
false
ltr
item
SMP NEGERI 2 PLUPUH: Sejarah SMP Negeri 2 Plupuh
Sejarah SMP Negeri 2 Plupuh
SMP NEGERI 2 PLUPUH
http://smpn2plupuh.blogspot.com/2009/04/sejarah-smp-negeri-2-plupuh.html
http://smpn2plupuh.blogspot.com/
http://smpn2plupuh.blogspot.com/
http://smpn2plupuh.blogspot.com/2009/04/sejarah-smp-negeri-2-plupuh.html
true
2316841247153626826
UTF-8
Not found any posts Tampilkan Semua Baca Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Home PAGES POSTS Tampilkan Semua Papan Berita Lainnya TAG ARCHIVE Cari Semua Pos Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy